Pelopor Teknologi

BILL GATES Microsoft Founder
Bill Gates adalah pendiri (bersama Paul Allen) dan ketua umum perusahaan software AS, Microsoft. Ia juga seorang filantropis melaui kegiatannya di Yayasan Bill & Melinda Gates bersama istrinya. Gates mempelajari program komputer ketika ia berusia 13 tahun. Awal kariernya, ia mengembangkan basis dasar bahasa pemrograman untuk MTS Altair, pada mikro komputer. Ia menemukan Microsoft pada tahun 1975 dengan paul allen, dan lima tahun kemudian mereka melisensikan sistem operasi yang pertama, bernama PC-DOS, ke IBM dan bekerja dengan perusahaan computer untuk menerbitkannya dengan nama MS-DOS, pada setiap system computer yang dijual. Keputusan ke lisensi, dibanding menjual software merupakan salah satu keputusan bisnis Gates yang paling bijaksana dibuat. Sekarang, Microsoft’s Windows adalah suatu Produk yang mendominasi pasar software.



TOM ANDERSON My Space Cofounder and President
Thomas 'Tom' Anderson (November 8, 1970) adalah presiden, kepala produk dan co-pendiri situs jaringan sosial MySpace. Tom Anderson mendirikan MySpace di tahun 2003, bersama dgn Chris DeWolfe. Dia sekarang menjadi penasihat strategis untuk MySpace. Karena baru dibuat account MySpace termasuk Tom sebagai standar 'teman,' dia telah menjadi dikenal sebagai gambar default MySpace. Pada November 2009, Tom Profil ini telah mendekati 270 juta teman-teman.
Pada tahun 2003, bekerja untuk eUniverse di bawah pengawasan badan Brad Greenspan, ia dan beberapa karyawan eUniverse mengatur halaman-halaman pertama MySpace, dan situs tumbuh dari sana. salah satu yang paling populer situs jaringan sosial di Amerika Serikat.

TIM BERNERS-LEE Creator of World Wide Web
Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955; umur 55 tahun) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya. Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.
Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.
Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (merupakan situs web pertama) beralamat di http://info.cern.ch/ (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.

MARK ZUCKBERG Facebook Founder and CEO
Pada usia 23 tahun, penemu situs jejaring social Facebook, Mark Zuckerberg adalah milyuner termuda sepanjang sejarah yang menghasilkan kekayaan dengan usahanya sendiri. Seperti diumumkan oleh majalah Forbes, Zurkerberg ada pada urutan 785 dalam daftar orang – orang terkaya dunia. Mark Zuckerberg memulai Facebook pada February 2004 dari ruang kamarnya di Harvard. Setelah berhenti sekolah dan pindah ke Silicon Valley, penemu Facebook ini mulai memantapkan langkahnya di bisnis situs jejaring social. Saat ini Zurkerberg merupakan milyuner terkaya di dunia sepanjang sejarah yang menghasilkan kekayaan sepenuhnya dari usaha sendiri.

DAN BRICKLIN VisiCalc Developer
Dan Bricklin Pengembang (dengan Bob Frankston) VisiCalc, lembar kerja elektronik pertama yang juga merupakan aplikasi mikrokomputer pertama yang amat berhasil. Pada 1979, beliau dan Frankston mendirikan Software Arts. Setelah Software Arts bubar pada 1985, dia bekerja untuk beberapa bulan sebagai konsultan untuk Lotus, lalu ia mendirikan sebuah perusahaan penerbit perisian bernama Software Garden. BUNNEL, DAVID : editor buletin yang khusus membahas komputer Altair. Pada 1983, ia mulai menerbitkan majalah PC World.

JACK KILBY Integrated Circuit Inventor

 JACK ST. CLAIR KILBY, ahli fisika Amerika, dikenal luas dalam dunia sains sebagai penemu sirkuit terintegrasi (IC), sebuah ciptaan yang mendasari lahirnya mikroelektronika modern. Atas prestasi ilmiah yang luar biasa ini ia dianugerahi setengah Hadiah Nobel Fisika di tahun 2000. Jack St. Clair Kilby lahir di Jefferson City, Missouri, Amerika Serikat, 8 November 1923 (meninggal dunia 20 Juni 2005, dalam usia 81 di Dallas, Texas,Amerika Serikat) Ia memperoleh gelar insinyur elektro di tahun 1947 dari Universitas Wisconsin. Setelah itu ia bekerja di Globe Union Inc., Milwauke, sebagai periset di Laboratorium Centralab. Di sini ia berhasil mengembangkan sirkuit layar sutra berbasis keramik.

Pada tahun 1958, ia pindah ke Texas Instrument (TI), Dallas. Di musim panas tahun itu juga ia mendemonstrasikan keberhasilannya menciptakan mikrochip pertama (IC) di dunia. Rangkaian riset berikutnya ia lancarkan untuk menggali manfaat mikrochip bagi dunia militer, industri dan komputer. Dari kelompok riset yang dipimpinnya kemudian lahir piranti-piranti hebat seperti kalkulator dan printer thermal. Pada tahun 1970, Kilby meninggalkan TI dan bekerja sebagai penemu independen. Di tahap ini risetnya terkonsentrasi pada usaha mengembangkan sel-sel surya melalui teknologi silikon. Pada tahun 1978, ia menjadi profesor luar biasa di Universitas A & M, Texas. Posisi ini didudukinya hingga tahun 1984. Setelah itu ia kembali terserap ke dunia industri dan menjabat direktur di berbagai perusahaan elektronik kelas satu di Amerika.

Pada tahun 1996, pasar komponen elektronik dunia bernilai hampir 1000 milyar dolar, sekitar sepersepuluh dari nilai total ini berasal dari pasar sirkuit sederhana ciptaan Kilby. Ini bukti yang gamblang betapa sebuah gagasan yang lahir dari pria sederhana bernama Jack Kilby telah mengubah dunia secara besar-besaran.

DOUGLAS ENGELBART Creator of the Mouse
Dr. Douglas C. Engelbart (lahir di Portland, Oregon, 30 Januari 1925; umur 85 tahun) adalah seorang pionir di bidang interaksi antarmuka komputer yang mengembangkan konsep hiperteks serta menemukan tetikus komputer. Engelbart menyelesaikan studi S1 di bidang teknik elektro di Oregon State University pada tahun 1948, program master dari UC Berkeley pada tahun 1953, dan Ph.D. dari UC Berkeley pada tahun 1955.
Selama PD II, Douglas bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat sebagai teknisi elektronik. Selanjutnya Douglas bekerja di NASA pada divisi Ames Research Laboratory. Setelah meraih Ph.D., Douglas melanjutkan karier sebagai peneliti di Stanford Research Institute, di lembaga inilah Douglas menjadi pionir dalam pengembangan berbagai komponen komputer, termasuk tetikus.
Pada 1970 hingga 1980-an, Douglas menjadi peneliti senior di Tymshare Inc. Pada 1989, Douglas mendirikan The Bootstrap Institute, yang menjadi pusat pengembangan teknologi jaringan komputer yang berperan dalam kemajuan teknologi internet.

STEVE JOBS Apple and Pixar Cofounder
Steven Paul Jobs (lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955; umur 54 tahun) adalah pemimpin perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak dan tokoh utama di industri komputer. Sebagai pendiri (dengan Steve Wozniak) Apple Computer di tahun 1976, ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan Apple II. Kemudian, ia merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox, dan kemudian teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Macintosh.
Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan komputer animasi terkemuka di dunia layar lebar. telah menjadi multi-jutawan sebelum berumur 30 tahun. Dimulai dengan perusahaan NeXT untuk membuat sistem pendidikan dengan harga yang terjangkau, menemukan bahwa menjual software lebih baik dari pada menjual hardware.
Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, Banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple. Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains. (Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan menggunakan sebuah NeXT workstation.) Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi sepert program object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical. Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.
Jobs sangat dikagumi karena keahliannya untuk meyakinkan orang dan menjadi salesman unggul, yang sering dijuluki reality distortion field dan hal ini tampak nyata saat ia memberikan keynote speeches di Apple expos. Namun, kegigihannya juga pernah mengundang sial. Kekerasan kepalanya mungkin telah menyebabkan Apple kehilangan kesempatan emas untuk menjadi pemimpin di bidang komputer pribadi. Keenganannya untuk membiarkan perusahaan lain membuat komputer yang kompatible dengan Macintosh mengakibatkan Apple harus menelan kekalahan dalam merebut pengguna komputer yang ada. Perusahaan piranti keras dan lunak akhirnya memutuskan untuk mengadopsi platform IBM PC yang menggunakan sistem operasi buatan Microsoft. Microsoft kemudian juga mengejar ketinggalannya dari Apple dengan mengembangkan antarmuka pengguna grafis buatan mereka sendiri, Microsoft Windows.
Di tahun 1986 Jobs mendirikan (bersama Edwin Catmull) Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa yang dahulunya divisi grafik komputer milik Lucasfilm, yang Jobs beli dari pendirinya, George Lucas, sebesar AS$10 juta. Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Award yaitu Finding Nemo dan The Incredibles. Karena kepemimpinannya di Pixar dan juga kemapanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan salah satu calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar.

ANNE MULCAHY Xerox CEO and Chairman
Setelah Xerox berhasil keluar dari kejatuhan yang fatal pada saat resesi di tahun 2002, Mulcahy, 52, sekarang berusaha untuk mengembalikan kedudukan perusahaannya di posisi atas dalam dunia teknologi. Untuk memperlihatkan bahwa ada perubahan di dalam Xerox, Mulcahy mengambil alih kedudukan tertinggi pada tahun 2001, dan membawa perusahaan kepada motto “The Document Company” , dengan nama Xerox. Sebagai seorang veteran Xerox, Mulcahy mulai bekerja di bagian penjualan 30 tahun yang lalu. Bekerja di Xerox bagaikan suatu keluarga bagi Mulcahy. Suaminya pensiunan Xerox Eksekutif, dan saudara laki-lakinya yang lebih tua sekarang mengelola global services group. Sebagai salah seorang diantara sedikit wanita elit yang memimpin perusahaan umum yang tertinggi, Mulcahy juga terpilih untuk duduk di dalam kepemimpinan atas dan menjabat sebagai dewan (board) Citigroup dan Target.

MARK DEAN IBM Inventor
Dean (lahir 2 Maret 1957) adalah penemu dan ilmuwan komputer yang memegang tiga dari sembilan asli IBM paten atas mana IBM PC berbasis komputer pribadi. Dia memimpin tim yang mengembangkan ISA bus, dan memimpin tim desain yang bertanggung jawab untuk menciptakan pertama kalinya satu gigahertz prosesor komputer chip.
Dean meraih gelar sarjana dalam teknik listrik dari Universitas Tennessee , sebuah gelar master dalam rekayasa elektronika dari Florida Atlantic University dan Ph.D. di teknik elektro dari Universitas Stanford . Ia adalah orang pertama Afrika-Amerika untuk menjadi Fellow IBM yang merupakan level tertinggi keunggulan teknis di perusahaan. Pada tahun 1997, ia dilantik menjadi Penemu Nasional Hall of Fame . Saat ini, ia adalah seorang IBM Wakil Presiden mengawasi perusahaan Almaden Research Center di San Jose, California . Dean kini memiliki lebih dari 20 paten. Dean memimpin sebuah tim yang mengembangkan arsitektur interior (ISA bus sistem) yang memungkinkan beberapa perangkat, seperti modem dan printer, untuk dihubungkan ke komputer pribadi. Dean membuat sejarah lagi dengan memimpin tim desain yang bertanggung jawab untuk menciptakan gigahertz pertama 1-RISC chip prosesor, langkah yang sangat signifikan dalam membuat komputer yang lebih cepat dan lebih kecil.

STEVE WOZNIAK Apple Cofounder
Stephen Gary "Woz" Wozniak (lahir 11 Agustus 1950 di San Jose , California ) adalah insinyur komputer Amerika yang ikut mendirikan Apple Computer, Inc (sekarang Apple Inc ) dengan Steve Jobs dan Ronald Wayne .
Penemuannya dan mesin yang dikreditkan dengan memberikan kontribusi signifikan terhadap komputer pribadi revolusi tahun 1970-an. Wozniak menciptakan Apple I dan Apple II komputer di pertengahan 1970-an. Ia memiliki beberapa julukan , termasuk "The Woz", "Wizard of Woz Wonderful" dan "iWoz" (merujuk pada skema penamaan mana-mana untuk produk Apple). Dia kadang-kadang dikenal sebagai "Steve Lain" dari Apple Computer, yang dikenal Steve lebih baik menjadi co-founder Steve Jobs .

LINUS TORVALDS Linux Creator
Linus Torvalds lahir pada tanggal 28 Desember 1969 di Helsinki, Finlandia. Dia adalah putra Nils dan Torvalds Anna. Kedua orang tuanya mengejar karir di bidang jurnalisme.Linus menaruh minat awal dalam komputer terutama melalui pengaruh kakek dari pihak ibu. Ia unggul dalam matematika di sekolah menengah.Linus dan keluarganya merupakan bagian dari minoritas di Finlandia yang bahasa pertamanya bukan Finlandia, tetapi Swedia, sebuah fakta yang tidak diketahui secara luas. Untuk alasan ini, referensi awal untuk pengucapan tentang Linux di Swedia tidak dipahami atau sering disebut sebagai kesalahan.
Linus Torvalds terdaftar di Universitas Helsinki pada tahun 1988 di mana dia belajar ilmu komputer. Setelah membeli PC dengan CPU Intel 386, ia mulai menggunakan Minix, yang diilhami sistem operasi Unix yang dibuat oleh Andrew Tannenbaum untuk digunakan sebagai alat pengajaran. Linus tidak terkesan dengan sistem pada umumnya dan khususnya ia menyesali ketidakmampuan untuk melakukan emulasi terminal, yang diperlukan sehingga ia bisa terhubung ke universitas komputer tersebut. Linus memutuskan untuk melakukan program emulasi terminal sendiri, terpisah dari Minix. Linus cepat mengembangkan program emulasi terminal dan itu cukup untuk kebutuhannya untuk sementara waktu. Namun, Linus mulai berpikir bahwa akan menyenangkan untuk dapat melakukan hal-hal lain dengan itu seperti tranferring dan menyimpan file. Di sinilah Linux benar-benar lahir. Awalnya, Linus ingin nama ciptaan-Nya 'Freax' (diucapkan seperti kata bahasa Inggris aneh) dan mengubahnya ke Linux pada dorongan seorang teman Pada bulan Agustus 1991.
Pada akhir 1996 Linus menerima undangan untuk mengunjungi kantor pusat California Transmeta, sebuah perusahaan start-up pada tahap pertama merancang CPU penghematan energi. Linus tertarik dengan pekerjaan mereka dan pada awal 1997 ia menerima posisi di Transmeta dan pindah ke California dengan keluarganya. Seiring dengan karyanya untuk Transmeta, Linus terus mengawasi pengembangan kernel. Pada bulan Juni 2003, Linus meninggalkan Transmeta untuk secara eksklusif memfokuskan pada kernel Linux dan mulai bekerja di bawah naungan Open Source Development Labs (OSDL) sebuah konsorsium yang dibentuk oleh perusahaan-perusahaan berteknologi tinggi yang termasuk IBM, Hewlett-Packard, Intel , AMD, RedHat, Novell dan banyak lainnya. Tujuan dari konsorsium ini adalah untuk mempromosikan perkembangan Linux. OSDL bergabung dengan The Free Standards Group pada Januari 2007 menjadi Yayasan Linux.

LARRY ELLISON Oracle Cofounder and CEO

Lawrence Joseph Ellison (lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 17 Agustus 1944; umur 66 tahun) adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation. Ellison memiliki bakat dalam matematika, dan pada masa mudanya bekerja untuk Perusahaan Ampex. Salah satu proyeknya adalah gudang data untuk CIA yang ia beri nama "Oracle".
Category: ,
Reaksi: 

2 komentar:

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Anonim mengatakan...

wah , bisa dijadikan motivasi :D

Poskan Komentar