Hosting dan Domain

 Saya sedikit posting mengenai materi yang saya dapat pada mata kuliah cyberprenuership tentang hosting dan domain. berikut ini resume singkat Hosting serta Domain. Walaupun singkat semoga bermanfaat
 
Domain
domain merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain.

Subdomain
Subdomain sebenarnya alamat domain yang masih menjadi bagian dari domain anda, tetapi subdomain dapat anda arahkan ke file HTML yang berbeda dari domain utama anda.
Contoh :
Domain : www.yahoo.com
Sub domain : mail.yahoo.com



Hosting
hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen HTML anda. Istilah untuk jasa penyewaan server Internet untuk keperluan website, email, dan beberapa hal lainnya. Pihak awam atau pemakai umum menyewa jasa hosting kepada penyedia hosting dan mendapatkan account hosting (sejumlah ruang disk, account email, akses shell/FTP, dll) dan dapat mengupload file-file website yang kemudian nanti dapat dilihat oleh pengunjung website.

Daftar Harga Domain+Hosting :



Dalam memilih hosting ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1.Kapasitas: Anda perlu memperhatikan berapa kapasitas yang dibutuhkan, apakah 25MB, 50MB atau 1GB. Anda harus memilih dengan cermat sesuai kebutuhan karena tentu saja semakin besar kapasitas biayanya semakin mahal.

2.Teknologi yang digunakan: Apakah servernya Linux atau Windows, dan jika anda membuat file PHP apakah hostingnya mendukung file PHP? Demikian juga apabila anda membuat web menggunakan ASP, JSP, Perl, Python, dan Ruby apakah hostingnya mendukung? Karena itu anda harus teliti sebelum membeli, tanyakan langsung pada perusahaan hosting yang ingin anda beli. Jangan sampai anda membuat website dengan PHP tetapi anda membeli hosting yang tidak mendukung PHP.

3.Suppot: Periksa apakah perusahaan hosting yang ingin anda beli memiliki layanan support yang baik selama 24jam, jadi apabila tengah malam tiba-tiba anda mendapat masalah dengan website anda maka anda dapat menanyakan langsung kepada perusahaan hosting anda.

4.Database: Apabila anda membuat website dinamis, pastikan anda memeriksa apakah mereka menyediakan database. Periksa juga berapa jumlah database yang disediakan dan apa saja apakah MySQL, PostgreSQL, Access dll.

5.Backup: Apakah hosting anda membackup data anda setiap hari. Ini penting karena ada banyak hosting kurang ajar yang tidak melakukan back up dan apabila data anda tiba-tiba hilang mereka tidak mau tahu (saya pernah mengalaminya).

6.Bandwith: Anda harus memeriksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Kira-kira begini maksudnya. Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB sebulan. Maka apabila anda memiliki sebuah file HTML dengan ukuran 20kb (sudah termasuk images) dan pengunjung website anda perhari sekitar 100 orang, maka anda menghabiskan bandwith perhari: 20kb x 100orang = 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, apabila anda memiliki 10 halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Jadi perhatikan bandwith yang disediakan dengan ukuran file HTML anda, apabila pengunjung website anda semakin banyak tentu saja bandwithnya juga akan semakin besar. Kebanyakan hosting Indonesia menyediakan bandwith yang kecil, hosting luar negeri menyediakan bandwith yang lebih besar dan murah



Fasilitas-Fasilitas Hosting

a. Control Panel:
Control Panel digunakan untuk mengatur, memelihara, dan memonitor website anda.

b. Mail Account
Anda dapat membuat e-mail di website anda. Id e-mail yang dipilih, ya terserah anda. Contoh: anda memiliki domain www.aku.com, maka anda bisa saja membuat e-mail dengan nama saya@aku.com . Terasa lebih personal bukan.

c. Anti Virus, SpamBlocker, & SpamBox
Fasilitas ini diberikan untuk mengamankan website dan e-mail anda dari gangguan2 yang tidak menyenangkan.

d. Mailing List
Oleh para netters biasa disingkat milis. Contoh penyedia milis gratis adalah Yahoo Groups. Jika website anda memiliki fasilitas mailing list, maka anda bisa membuat sebuah milis dengan menggunakan alamat website anda seperti Yahoo Groups.

e. POP & SMTP Access
Fasilitas ini akan memudahkan anda dalam mengirim e-mail dan menerima e-mail yang datang ke website anda. Anda bisa mengirim dan menerima e-mail dari perangkat PDA atau bahkan Handphone sekalipun (catatan: handphone anda harus memiliki fasilitas “e-mail� didalamnya), hanya dengan mengeset alamat POP & SMTP pada website anda.

e. Mail Forwarder / Alias
Mail Forwarder / Alias digunakan untuk meneruskan e-mail yang datang ke website anda ke alamat e-mail lain.
Contoh: karena space anda yang terlalu kecil, e-mail saya@aku.com dapat anda teruskan ke gue@gmail.com yang memiliki space lebih besar untuk penyimpanan e-mail.

f. FTP Account
FTP (File Transfer Protocol) adalah standar protokol yang digunakan untuk melakukan transfer file (Upload dan Download). FTP account digunakan untuk mengatur account FTP yang terdapat di website anda.
Account FTP yang dimaksud adalah username, password, Quota, dan ke direktori mana saja seorang FTP user dapat melakukan transfer file.

g. Sub Domain
Dalam struktur penamaan domain (Domain Name System) terdapat dua tingkatan atau lebih. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut:

http://e-book.rumahweb.net terdiri atas tiga tingkatan.
i. Top Level Domain, yang digunakan pada contoh diatas adalah .net . Ada banyak top level domain selain .net, misalnya saja, .com, .org, .info, .tv, dsb.
Adalagi yang disebut dengan ccTLD (country code Top Level Domain). ccTLD diatur oleh tiap2 negara. Contoh: .id digunakan untuk Indonesia, .uk digunakan di negara Inggris, dsb.

ii. Second Level Domain (Domain Tingkat Dua), dari contoh diatas adalah rumahweb.

iii. Subdomain, dari contoh diatas adalah e-book.
Jadi, jika anda memiliki sebuah domain http://aku.com , anda dapat saja membuat sebuah subdomain (atau lebih). Misal: http://blog.aku.com (subdomainnya adalah blog).

g. Multiple Domain
Dengan fasilitas ini Anda dapat menggunakan satu paket hosting saja untuk meletakkan dua domain anda (atau lebih, tergantung dari kebijakan perusahaan hosting),

h. Database
Database digunakan untuk menyimpan data di website anda.
Contoh: Anda ingin membuat sebuah toko online, maka data2 mengenai barang yang akan dijual, data pembeli, data transaksi, dsb dapat anda letakkan di database.
Rumahweb memiliki 2 tipe database yang dapat digunakan oleh anda sebagai client dari rumahweb. Database2 tersebut adalah MySQL dan PostgreSQL.

i. Web Statistic
berisi data lengkap dari kunjungan user ke website anda. Dari cpanel, anda dapat melihat hal2 yang berkaitan dengan kunjugan user ke website anda. Mulai dari jumlah kunjungan hingga besarnya bandwith yang telah di transfer website anda pada tiap kunjungan.

j. Fantastico (Pre installed Scripts)
Fantastico merupakan kumpulan script yang dapat anda install langsung di website anda. Misalnya jika anda ingin membuat sebuah portal, maka anda tinggal menginstall salah satu dari script untuk portal yang telah tersedia (cth: Joomla, Drupal, dsb).

k. Crontabs
Fasilitas ini dapat anda gunakan untuk mengeksekusi perintah yang telah anda buat secara terjadwal

l. Shell Access (SSH)
Dapat digunakan untuk memberikan perintah pada website anda melalui sebuah Shell. (advanced user).
Category: , ,
Reaksi: 

4 komentar:

ZzZ mengatakan...

lanjutkan usaha kerasmu

O-Q mengatakan...

increase your knowledge and skill
hehehehehe

Staff Sinteniki mengatakan...

Anda butuh space website untuk bisnis lokal? Kalau Anda pemula bisa mencoba Hosting Indonesia di IDWebHost.com Aman, Cepat & Mudah

Staff Sinteniki mengatakan...

Anda butuh space website untuk bisnis lokal? Kalau Anda pemula bisa mencoba Hosting Indonesia di IDWebHost.com Aman, Cepat & Mudah

Poskan Komentar