Pilihan Editor Text di Linux


1. Pico (Pine Composer)

Pico (Pine Composer) merupakan yang paling populer dan banyak digunakan. Kelebihan dari editor ini adalah sangat bagus untuk pemula,karena fiturnya gampang dimengerti. Pico adalah teks editor jenis lain yang berdasarkan pada program compose email Pine. Navigasi untuk perintahnya diletakkan dibawah dari layar. Semua karakter yang diketik langsung disisipkan ke dalam teks. Berikut ini daftar perintah yang tersedia dalam pico :


2. Joe

Perintah-perintah dalam editor joe ini sangat mirip dengan perintah-perintah pada WordStar. Maka jika kita telah menggunakan WordStar sebelumnya maka akan terbiasa menggunakan Joe. Berikut ini daftar perintah yang tersedia dalam Joe :


3. Vim Editor

Vim adalah editor canggih yang bertujuan memberikan kekuatan de-facto Unix editor 'Vi', dengan fitur yang lebih lengkap. Berikut ini daftar perintah yang tersedia dalam Vim


4. Nano Editor

Nano adalah editor teks cocok untuk bekerja di UNIX. Hal ini tidak sekuat PC berbasis window editor, karena tidak bergantung pada mouse, tetapi masih memiliki banyak fitur yang berguna.

Sebagian besar nano perintah dipanggil dengan menekan tombol Ctrl (yaitu, tombol kontrol), dan menekan salah satu tombol lainnya. Dalam teks ini, tombol kontrol disebut menggunakan ^. Misalnya, ^ X berarti `` tahan tombol CTRL dan tekan tombol'' x. Sebagian besar perintah penting tercantum di bagian bawah layar Anda.


Category:
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar