Super Square 1 Solution

Buat para cuber, yang masih awam atau belum ngerti sama sekali buat solving super square-1 ini gw kasih tips algoritmanya serta video lengkap, videonya itu gw ambil dari seorang cuber di youtube. Moga bermanfaat ya,

Dasarnya kita harus tahu rumus yang digunakkan, yaitu
  • Bagian kecil di hitung +1/-1
  • Bagian besar di hitung +2/-2
  • Putaran bagian atas plus (+) kearah kiri minus (-) ke arah kanan
  • Putaran bagian bawah plus (+) kearah kanan minus (-) ke arah kiri
  • Slash (/) = putar bagian cube tepat di garis tengah 180 derajat



Ini adalah algoritma yang bakal di gunakan

Parity
/(-3,0)/(0,+3)/(0,-3)/(0,+3)/
(+2,0)/(0,+2)/(-2,0)/(+4,0)/
(0,-2)/(0,+2)/(-1,+2)/(-1,+4)/(0,-3)

Algo satu
(+1,0)/(-1,-1)/(0,+1)

Algo dua
/(+3,0)/(-3,-3)/(0,+3)/

Two Gen
/(0,-3)/(0,+3)/(0,-3)/(0,+3)/

Keterangan :
[angka1(bagian atas), angka2(bagian bawah)]

Langkahnya sebagai berikut :

Bentuk menjadi kubus
Langkah pertama adalah bentuk kotak terlebih dahulu Super Square1, ini tidak ada algoritma khusus. Jadi pintar-pintarnya anda untuk melakukan solving sampe berbentuk kubus

video

Solve Corner tengah bawah
Langkah selanjutnya buat corner pada lapis tengah bawah terlebih dahulu, ringkasnya gw tulis seperti ini

Buat corner-corner awal :
  • Corner pasangan letakan di belakang
  • 2 lapis atas +1
  • Lalu putar cube atau slash (/)

Untuk Corner akhir :
  • Letakkan Corner pasangan diatas sebelah kanan
  • Lalu masukan algoritma R2 U R2 U’ R2
R2 = Bisa diistilahkan slash(/) atau putar bagian tengah 180 derajat
U = Ke kiri (+3)
U’= ke kanan (-3)

video


Corner tengah lapis atas
  • Bagian corner tengah atas yang telah jadi letakkan sebelah kiri (jika tidak ada pilih bagian mana saja)
  • 2 lapis atas +1
  • Tembak dengan algo R2 U R2 U’ R2 Y R2 U’ R2 U R2

Jika belum benar semua ulangi sekali lagi langkah diatas

Ket :
Y = putar cube 90 derajat searah jarum jam (bisa lihat video untuk gerakannya)

video


Solving Edge 2 lapis tengah
Cara 1 :






Gunakan algo 1

Cara 2 :






video

video

video

Solve Corner Lapis paling atas dan bawah

Kuncinya :
Miringkan +1 bagian atas/bawah saja, lalu /
Hingga warna menjadi benar


Solve Edge lapis paling atas & bawah
Menggunakan aturan jam

Step 1
9-12-3 (bawah)
6-9-12 (atas)
Gunakan algo 1

Step 2
6-12 (bawah)
6-9 (atas)
Gunakan algo 3

Step 3
12-3 (bawah)
6-3 (atas)
Gunakan algo 3

Step 4
6-12 (bawah)
6-12 (atas)
Gunakan algo 1

Gunakan step tergantung bentuk edge yang di dapat


video



Solve lapis 1 & 4 dengan Two gen

Gunakan algo two gen seperti yang telah saya tulis diatas, langkah ini dilakukan berulang-ulang sampai semua warna solving.
check videonya untuk lebih jelasnya

video



Solve Centre Circle

ini cara solving terakhir, atau tahap finishing yang gak terlalu ribet
semoga mengerti lihat videonya

video

video


Sekian bahasan tentang Super Square 1, semoga mudah di pahami dan di mengerti. Kuncinya jangan pernah putus asa buat mempelajarinya ya, tetep terus coba. oke oke !!!
Saya aja ga langsung ngerti saat pertama kali melihat tutorialnya, butuh waktu buat hafal semua algoritma diatas. Tapi ga perlu di hafal sebenarnya, di mengerti saja arah putarannya, lama kelamaan pasti bakal terbiasa tanpa anda hafalkan
Category:
Reaksi: 

7 komentar:

jordy mengatakan...

0 itu apa?

Anonim mengatakan...

0 tu berarti g bergerak.
misal (-3,0) artinya bagian atas gerak -3 bagian, bagian bawah diam

O-Q mengatakan...

thanks udah bantu jawab,
0 itu memang artinya tidak bergerak

Anonim mengatakan...

cara lengkap membuat kubus gimana min

O-Q mengatakan...

untuk membentuk kubus Tidak ada rumus khususnya

fendy mengatakan...

horeeee... aku udah berhasil. tinggal ngapalin rumusnys aja nih baru deh pamer ke temen2. hahahaha.

Anonim mengatakan...

apa itu algo.?

Poskan Komentar