Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina

Investo! "Investasikan Energimu untuk Bumi"

 
Marilah kita mendukung program untuk bumi yang lebih baik. Karena seperti yang kita rasakan sekarang bumi semakin buruk keadaannya. Karena kitalah yang hidup di muka bumi ini, maka dari itu alangkah baiknya kita peduli dengan efek kerusakan lingkungan yang menjadi tanggung jawab seluruh penghuni bumi. Investasikanlah energimu untuk bumi.


Kerusakan di bumi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama akibat adanya bencana alam seperti tsunami, gunung meletus, gempa bumi dan lain sebagainya. Yang bisa memporak-porandakan keindahan alam. Dan yang kedua disebabkan oleh faktor manusia. Seperti Penebangan hutan secara liar yang dapat menyebabkan hilangnya resapan air sehingga mudah terjadi banjir atau tanah longsor, dan prilaku manusia yang tidak pernah puas memburu binatang-binatang langka untuk di jual dengan nilai yang sangat tinggi, ini yang berakibat rusaknya keseimbangan ekosistem alam dan rantai makanan alami. Sebenarnya bencana alam pun itu merupakan efek dari ulah manusia yang tidak mencintai alam sekitarnya. Untuk itu bagi kaum muda sekalian kita harus berusaha menanamkan rasa memiliki dan cinta kepada bumi. Karena bumilah tempat kita hidup, maka kita jaga dengan sebaik-baiknya.

Salah satu ancaman dari kerusakan alam yang paling ditakuti oleh seluruh manusia adalah pemanasan global. Pemanasan global sendiri yaitu suatu keadaan yang mengakibatkan meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Sehingga suhu pada permukaan bumi menjadi lebih panas dari tahun ke tahun. Menurut fakta yang ada suhu rata-rata pada permukaan bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C(1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Dan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPPC) menyimpulkan bahwa, peningkatan suhu rata-rata terjadi sejak pertengahan abad ke-20. Kemungkinan disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca.


Efek rumah kaca adalah proses pemanasan permukaan suatu benda langit seperti planet yang disebabkan oleh perubahan komposisi dan keadaan atmosfernya. Disini dapat diterangkan bahwa Efek rumah kaca disebabkan karena perubahan komposisi dan keadaan atmosfernya yang ditandai dengan naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer seperti sulfur dioksida (SO2), nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2) serta beberapa senyawa organik seperti gas metana (CH4) dan khloro fluoro karbon (CFC) yang dapat meningkatkan efek rumah kaca.

Jadi Energi matahari yang masuk ke bumi itu mengalami :
  • 25% dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer
  • 25% diserap awan 
  • 45% diadsorpsi permukaan bumi 
  • 5% dipantulkan kembali oleh permukaan bumi 
Energi yang diadsoprsi itu, dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi infra merah oleh awan dan permukaan bumi. Namun sebagian besar infra merah yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya, yang kemudian dikembalikan ke permukaan bumi. Itulah sebab dari efek rumah kaca. Dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer, maka akan semakin banyak gelombang panas yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap atmosfer. Hal ini akan mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi semakin panas.
    Dampak-dampak yang terjadi akibat dari efek rumah kaca diantaranya cuaca yang cukup ekstrem pada saat ini. Dimana suhu pada siang hari terasa sangat panas sekali dan malam hari terasa sangat dingin, mulai mencairnya beberapa gunung es, makin bertambahnya ketinggian air laut. Akibatnya semakin banyak ancaman tenggelamnya beberapa kawasan darata di bumi, dan terganggunya fungsi hutan dalam menyerap partikel bebas seperti CO2. Akibatnya, senyawa tersebut tidak tersaring dan mencemari lingkungan serta merusak atmosfer bumi.
    Untuk menghindari semakin parahnya kerusakan bumi kita, mulailah dari kesadaran diri sendiri melakukan tindakan “Investasikan Energimu untuk Bumi” dengan cara yang kurang lebih seperti berikut  ini :
    • Mengurangi pemakaian CFC seperti lemari es dan AC
    • Melakukan penanaman pohon dan penghijauan
    • Membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan sampah organik dengan non organik agara tidak mencemari tanah
    • Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Mulailah beralih menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan seperti sepeda
    • Tidak merokok
    • Menggunakan peralatan rumah tangga yang ramah lingkungan serta mendukung gerakan go green
    • Tidak melakukan pemburuan binatang langka ataupun keinginan untuk mengoleksi demi kepentingan pribadi
      Jagalah dan sayangilah bumi kita, sekecil apapun yang dapat kamu lakukan sangat berarti untuk kelestarian bumi dan SobatBumi memfasilitasi itu. Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina

        2 komentar:

        Azis mengatakan...

        Untuk kaum muda, mari dukung gerakan peduli lingkungan

        Anonim mengatakan...

        Andaikan semua kaum muda, sadar akan hal ini

        Poskan Komentar